Monday, January 4, 2010

Manfaat Ubi Ungu

Sepertinya tidak mudah mendapatkan jenis makanan yang kalo dalam bahasa jawa disebut dengan "telo ungu" ini di kota besar. Bahkan ketika searching di mbah gugel dengan kata kunci manfaat ubi ungu-pun, hasilnya adalah sepi. Dari sekian yang didapatkan dari hasil pencarian, saya mengambil dua weblog yang cukup membantu. Dua weblog ini menyajikan dua hal yang hampir kontras, bukan berlawanan, tapi mereka menyajikan "ubi ungu"-nya dengan cara yang berbeda.

Ternyata manfaat ubi ungu melebihi yang ada di otak saya, sangat luar biasa, bahkan bisa rugi kalo tidak mengkonsumsinya. Meski jenis makanan ini terkesan kampungan, tapi manfaat yang dikandungnya malahan melebihi makanan modern yang ada di perkotaan.

Pigmen warna ungu pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan karena dapat menyerap polusi udara, racun, oksidasi dalam tubuh, dan menghambat penggumpalan sel-sel darah. Kalo seperti ini, sepertinya ubi ungu ini justru cocok untuk dikonsumsi orang kota. Ubi ungu juga mengandung serat pangan alami yang tinggi, prebiotik, kadar Glycemic Index rendah, dan oligosakarida.

Selain itu, ubi ungu juga mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%. Dia juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan antosianin bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Antosianin ubi ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi ungu bisa menjadi anti kanker karena didalamnya ada zat aktif yang dinamakan selenium dan iodin dan dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi yang lainnya. Ubi jalar ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas “blueberry”, selain itu juga baik untuk mendorong kelancaran peredaran darah.

Masih ada yang mau menolak ubi ungu ato "telo ungu" ??

Sumber dari [khasiatku] [mybusinessblogging]
Gambar dari [budiboga]

50 comments:

  1. Ternyata ubi ungu banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  2. sudah nyangkut bro ... tolong pake www :> www.nyubi.com .. makasih, salam kenal yaaa :))

    ReplyDelete
  3. ini makanan kesukaanku. Nek sampaen nyebutnya menyok ya he he he aku nebut telo!

    ReplyDelete
  4. @ Junaedi : lho.. lha kok sampeyan kok tahu??

    ReplyDelete
  5. udah dijadiin bakpao, roti, bahkan brownies dan es krim. telo ungu... aku juga suka.
    cukup dikukus, enak pol!!!

    ReplyDelete
  6. hmm.... kirim kekostan aku bro... :D
    salam kompak dari Pekanbaru :D

    ReplyDelete
  7. emang yang warnanya ungu banyak manfaatnya. Tapi susah dicarinya sekarang nih klo ubi ungu. Kalau ungu - ungu yang lain sih banyak... ungu kan simbol janda... kekeke

    ReplyDelete
  8. Wah menurut q itu makanan yg enAk buangeeeeee

    ReplyDelete
  9. keren.... ternyata makanan ini lebih bagus dari pada makananku...... uh.. jadi pingin ke desa...

    ReplyDelete
  10. wach, didesa kramatwatu banyak nich, aku aja dah seminggu ngejus terus munthul ungu, pokoke munthul lebih uuuueeeenak brow munthul gitu lho

    ReplyDelete
  11. Katanya bisa untuk obat darah rendah ya? betul ndak ndan?

    ReplyDelete
  12. terimakasih atas informasinya ,.
    semoga ubi ungu ini menjadi salah satu pangan alternatif Indonesia yang diminati ya ^.^

    https://nurula0930.student.ipb.ac.id/

    ReplyDelete
  13. klau kebanyakan makan ubi ungu kenapa kita jd sering buang gas yaa ...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut yang saya ketahui pada ubi jalar terdapat flatulens (oligosakarida, tdd;stakiosa,rafinosa & verbaskosa) yang tidak dapat dicerna sehingga membentuk buangan gas

      Delete
  14. @ my first blogger : kayaknya hal itu perlu penelitian lebih lanjut deh..., atau ada yang sudah punya jawabannya.., silahkan langsung dishare.. :D

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah Ubi Ungu banyak manfaat nya. Saya kebetulan produsen keripik ubi Ungu. Btw juga sudah di export. Barang kali ada yang berminat untuk menjadi distributor / agent untuk menambah penghasilan, insyaallah bisa menjadi peluang usaha. Contact:
    faraitody@kreeokschips.com
    facebook: Kreeoks Chips
    twitter: @kreeokschips

    ReplyDelete
  16. akses sdg super lemot nih...mohon ijin ng'link gan...mampir juga ke desa yo.

    ReplyDelete
  17. sekedar info,.......saya punya teman di Johor Baru Malaysia, dia divonish harus dioperasi karena penyakit jantung (tidak tahu apa macam jenis penyakitnya),sambil menunggu keuangan untuk operasi dia rajin minum air godogan ubi ungu (keledek,bhs.melayu),hasilnya dia dinyatakan sembuh dan dapat ikut turnamen wushu di jepun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, air rebusan ubi ungu jg sy minum n utk obatin perut kembung jg.











      \

      Delete
  18. @ anonymous : wah.., sampai segitunya ya... manfaat ubi ungu.., ada yang mau sharing pengalaman lagi?? Silahkan..

    ReplyDelete
  19. istriku rajin konsumsi'munthul ungu'ini gan.....dulu pernah operasi.alhamdulillah sekarang kondisinya makin oke,hasil check up jg bagus.....

    ReplyDelete
  20. @ Anonymous : alhamdulillah sudah sehat.., habis operasi apa nih??

    ReplyDelete
  21. Rasanya juga enak dan empuk kalau di kukus. Di juice dengan susu kental juga maknyoss.. Sayang harganya agak mahl dibandingkan jenis ubi lainnya. :)

    ReplyDelete
  22. Buat bapak/Ibu yang membutuhkan ubi ungu boleh kontak ke kita 082136712513 kami kasih harga murah. Trims Prabowo

    ReplyDelete
  23. emang bener tuh yang ungu-ungu betul menarik, apalagi tetangga saya juga suka sekali pakai warna ungu di baju. Cantiklah rupanya, walau baru ada anak satu..

    ReplyDelete
  24. tengyuw somat atas ilmunya,boleh dicoba nich!

    ReplyDelete
  25. Di Tawangmangu-Jateng,banyak tuh telo ungu,,harganya memang lebih mahal dr ubi lainya.soalnya manfaatnya juga laen.trus penanamanya jg lebih sulit dr ubi lain.klu tanahnya gak cocok,gak akan tumbuh ubinya,,..

    ReplyDelete
  26. Saya udah baca di internat juga,klu emang udah ada penelitian intensif mengenai ubi ungu ini.ada seorang prof dr bali yg mengajar di universitas di Jepang.yg udah meneliti,dan hasilnya memang luar biasa,bs menghancurkan sel-sel kangker,sebagai antioksidan jg,dll.

    ReplyDelete
  27. Kebetulan aku sekarang lagi proses diet dan aku memilih ubi ungu sebagai pengganti makan malamku, ternyata selain rasanya enak, manfaatnya juga banyak yah.. good advice.. tq :)

    ReplyDelete
  28. Thanks infonya, sekarang aku jadi semangat u menjadikan ubi ungu sebagai bahan utama dalam berbagai masakan dan kue. Mampir ya ke http://resepkuenobat.blogspot.com/2012/10/puding-ubi-ungu.html

    ReplyDelete
  29. Mau tanya nih : apa manfaatnya masih sama? Kalau ubi itu dijadikan keripik? Sedangkan dia sdkit berminyak dgn dijadikn keripik itu? Thanks. Ditunggu jwbnnya

    ReplyDelete
  30. kami sekarang sedang membudidayakan umbi ungu tersebut ada hampir 20 ha, kami siap diajak kemitraan,lahan yang kami sediakan bisa mencapai 100 ha. kami siap kontrak untuk jenis ungu atau beniimo.... trim's Setiawan


    ReplyDelete
  31. Apakah manfaat ini terdapat dalam ubi ungu tersebut? dan apakah manfaat tersebut akan hilang apabila ubi tersebut diolah menjadi keripik / yang lainnya?

    ReplyDelete

Terima Kasih kepada Pak / Bu / Mbak / Mas atas komentarnya, semoga tidak bosan. Mampir lagi ya..