Sunday, November 22, 2009

Khasiat Empedu Kambing.


Mendengar kata empedu, tentu bayangan kita adalah suatu bagian tubuh yang jika dimakan rasanya sangat pahit. Banyak sekali empedu hewan yang dimanfaatkan sebagai obat kesehatan dan vitalitas bagi manusia. Diantaranya adalah empedu dari ular, empedu dari kambing, dan sebagainya. Menarik memang, karena selain baunya yang amis, namun sesungguhnya dibalik semua itu, terkandung manfaat dan khasiat yang luar biasa dari empedu itu, terutama empedu kambing.
Sejak dulu, empedu kambing digunakan sebagai obat-obatan dan penambah vitalitas. salah satunya dapat mengobati penyakit malaria. Caranya, pilih empedu yang kecil supaya mudah menelannya. Kemudian dibersihkan dan rendam di air panas agar kumannya mati, kemudian telan. Jangan lupa minum air hangat supaya kerongkongan agak memuai.
Untuk menjaga vitalitas, bisa menelan minimal satu empedu kambing. Sedangkan untuk penyakit malaria, dianjurkan sehari menelan 3 buah empedu sampai sampai sembuh. Hal ini bertujuan supaya racun dan virus yang disebabkan oleh nyamuk anopheles dapat mati dengan cepat. Sama seperti malaria, empedu kambing juga berfungsi sebagai obat mujarab bagi penderita asma.
Khasiatnya semakin tak terbantahkan karena dalam empedu kambing sendiri terdapat banyak sekali zat besi. Seperti kita tahu bersama bahwa zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh, serta pengeluaran dan pembebasan tenaga dalam tubuh. Dengan membentuk sel darah merah, berarti transportasi dalam tubuh kembali lancar karena yang mengangkut aliran darah dari ujung kepala sampai ujung kaki yaitu oksigen.
Oksigen diperlukan tubuh untuk membakar zat makanan menjadi tenaga. Karena tenaga inilah, kita bisa melakukan aktifitas sehari-hari.
Proses terjadinya tenaga karena adanya pembakaran zat gula oleh oksigen. Gula mempunyai banyak jenis, termasuk didalamnya terdapat glukosa. Energi yang kuat inilah yang dihasilkan dari pembakaran antara empedu dan zat gula.

(Majalah Oase No.XXXII)

16 comments:

Terima Kasih kepada Pak / Bu / Mbak / Mas atas komentarnya, semoga tidak bosan. Mampir lagi ya..