Wednesday, July 8, 2009

Manfaat Zinc.

Zinc atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan seng atau dalam bahasa kimianya dilambangkan dengan Zn, sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Ratusan enzim dalam tubuh bisa bekerja hanya jika tercukupinya kebutuhan Zinc dalam tubuh kita. Bersama-sama dengan zat besi (Fe), Zinc bertugas untuk membangun jaringan tubuh. Dan telah diteliti bahwa kecepatan penyembuhan luka lebih tinggi pada pasien yang tercukupi kebutuhan zinc-nya. Luka setelah operasi, sunat/khitan, luka bakar dan sebagainya, akan lebih cepat sembuh jika kita cukup mengkonsumsi zinc.

Zinc juga diperlukan untuk system pertahanan tubuh, membantu indera perasa dan penciuman, dan diperlukan untuk sintesis DNA.

Tiram adalah penghasil zinc terbesar per takaran sajinya. Selain itu, makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti daging dan unggas juga mampu mencukupi kebutuhan zinc. Sumber makanan lain yang mengandung zinc adalah biji-bijian, kacang-kacangan, beberapa makanan laut tertentu, padi-padian dan gandum, sereal dan produk susu.

Namun, berhati-hatilah dengan asam fitat. Apa itu asam fitat??

Asam fitat adalah asam organic yang ada di biji-bijian serta gandum. Asam fitat akan akan menghambat penyerapan Zinc dan zat besi (Fe). Asam fitat hanya berguna untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri, tapi tidak untuk manusia, karena dia juga akan menghambat penyerapan kalsium dari susu, maka dari itu, hindarkan meminun susu berbarengan dengan makanan pokok. Asam fitat dapat bertindak sebagai antinutrisi, yang mekanisme kerjanya adalah menghambat penyerapan zinc dari bahan nabati.

Defisiensi zinc juga diduga sebagai komponen zat gizi utama yang berperan dalam penghambatan proses pertumbuhan dan pematangan seksualitas. Secara biokimia, zinc terlibat dalam biosintesis DNA (asam deoksiribonukleat) dan diduga sebagai aktivator enzim kolagen sintetase, yaitu suatu enzim yang berperan dalam biosintesis kolagen dan meningkatkan perbaikan jaringan.

Jadi, ada yang mau mengkonsumsi seng lebih banyak?? Segera ke toko bangunan terdekat. :)

Sumber:

20 comments:

  1. Postingan yg bagoss, dan bermanfaat telah membagikan info.

    ReplyDelete
  2. penari-penari kuda lumping yang suka makan beling, paku, dll... pasti suka makan seng juga ya...??
    hehehehehee

    ReplyDelete
  3. ok boz thank info-x

    ReplyDelete
  4. KUNCI RAHASIA PENINGGI BADAN
    TO BE A TALLER

    http://www.facebook.com/note.php?saved&&note_id=104650772951491R

    ReplyDelete
  5. thanks banget artikelnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Terima Kasih kepada Pak / Bu / Mbak / Mas atas komentarnya, semoga tidak bosan. Mampir lagi ya..